PENGERTIAN, FUNGSI DARI HUMAS (HUBUNGAN MASYARKAT)

    Sekolah dalam hal ini dituntut untuk menjamin kemajuan pengetahuan dan kemajuan sosial, dengan menjadi subjek aktif dalam perbaikan masyarakat. Oleh karena itu, sekolah merupakan bagian paling urgen yang tak terpisahkan dengan masyarakat, bahkan pertumbuhan dan perkembangan sekolah harus selaras dengan tuntutan dari masyarakat. Peningkatan mutu pendidikan tidak dapat terlaksana tanpa pemberian kesempatan kepada sekolah yang aktif dan mandiri mengambil keputusan tentang pendidikan. Sekolah harus menjadi bagian utama, sedangkan masyarakat dituntut partisipasinya dalam peningkatan mutu yang telah menjadi komtimen sekolah demi kemajuan masyarakat.
    Sekolah yang berlandasan islam dengan masyarakat memiliki hubungan yang erat dalam mencapai tujuan sekolah islam atau pendidikan islam secara efektif dan efisien. Oleh karena itu, sekolah islam berkewajiban memberi penerangan tentang tujuan, program, kebutuhan serta keadaan masyarakat. Sekolah islam juga harus mengetahui dengan jelas apa kebutuhan, harapan dan tuntutan masyarakat. Jadi antara sekolah islam dengan masyarakat harus dibina hubungan yang harmonis.
    Melaui hubungan yang harmonis diharapkan tercapai tujuan hubungan sekolah Islam dengan masyarakat yaitu terlaksananya proses pendidikan di sekolah secara produktif, efektif, dan efisien sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas ini tampak dari pengusaan peserta didik terhadap ilmu.

B.  Rumusan Masalah

       Apa pengertian hubungan masyarakat?
       Apa fungsi dan tujuan humas dalam Pendidikan Islam?
       Apa jenis-jenis kegiatan humas dalam lembaga pendidikan Islam?
PEMBAHASAN

A. Pengertian Hubungan Masyarakat (Humas)

    Hubungan masyarakat merupakan unsur yang sangat penting dalam manajemen guna mencapai tujuan yang spesifik dari organisasi atau perusahaan. Istilah hubungan masyarakat (humas) dikemukakan pertama kali oleh presiden Amerika Serikat ialah Thomas Jefferson tahun 1807. Akan tetapi apa yang dimaksudkan pada waktu itu dengan istilah public relations adalah dihubugan dengan Foreign Relations. Sehubungan dengan itu Grisworld menuturkan: Humas merupakan fungsi manajemen yang diadakan untuk menilai dan menyimpulkan sikap-sikap publik, menyesuaikan prosedur instansi atau organisasi untuk mendapatkan pengertian dan dukungan masyarakat.
   Menurut Oemi Abdurrahman M.A hubungan masyarakat adalah menumbuhkan hubungan baik antara segenap komponen pada suatu lembaga dalam rangka memberikan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi.
   Hubungan masyarakat merupakan suatu kegiatan yang bertujuan memperoleh kepercayaan, saling pengertian, dan citra yang baik dari publik.
   Hubungan masyarakat merupakan unsur yang sangat penting dalam manajemen guna mencapai tujuan yang spesifik dari oraganisasi lembaga pendidikan Islam.
   Hubungan masyarakat adalah usaha untuk mencapai hubungan yang harmonis antara satu sekolah dengan masyarakat melalui satu proses komunikasi timbal balik atau dua arah.
   Menurut Drs. Bonar hubungan masyarakat adalah Menjalankan hubungan masyarakat usahanya untuk mencapai hubungan yang harmonis antara sesuatu badan organisasi dengan masyarakat sekelilingnnya.
   Ibnoe Syamsi menyatakan bahwa humas adalah kegiatan organisasi untuk menciptakan hubungan harmonis dengan masyarakat agar mereka sadar dan sukarela mendukungannya.

B. Fungsi dan Tujuan Humas dalam Pendidikan Islam

   Sekolah sebagai fungsi organisasi harus melaksanakan fungsi organisasinya dalam penerapan administrasi pendidikan, yaitu dengan memperhatikan komponen lingkungan sebagai salah satu faktor dalam pendidikan. Masyarakat sebagai lingkungan sekolah harus diperhatikan dan dikondisikan oleh sekolah agar masyarakat dapat terlibat dalam pengelolaan sekolah.
   Fungsi utama hubungan masyarakat adalah menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik antara lembaga/ organisasi dengan publiknya, intern dan ekstern, dalam menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik dalam upaya menciptakan pendapat yang menguntungkan lembaga/ organisasi.
   Edwin Emery menyatakan bahwa fungsi hubungan masyarakat adalah: Upaya yang terencana dan terorganisasi dari sebuah lembaga untuk menciptakan hubungan yang saling bermanfaat dengan berbagai publiknya.
   Fungsi pokoknya adalah mengatur informasi internal dan eksternal dengan memberikan informasi serta penjelasan seluas mungkin kepada publik mengenai kebijakan, program serta tindakan-tindakan lembaga/ organisasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa hubungan masyarakat mempunyai fungsi timbal balik, dengan menumbuhkan sikap dan gambaran masyarakat yang positif terhadap segala tindakan dan kebijakan organisasi atau lembaganya. Serta berusaha mengenali hal-hal yang dapat menimbulkan sikap negatif dalam masyarakat sebelum sesuatu tindakan atau kebijakan dilakukan.
   Menurut Mujamil Qomar menyatakan bahwa hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat bertujuan antara lain sebagai berikut:
   a. Memajukan kualitas pembelajaran dan pertumbuhan anak
   b. Memperkukuh tujuan serta meningkatkan kualitas hidup dan penghidupan masyarakat.
   c. Menggairahkan masyarakat untuk menjalin hubungan dengan lembaga pendidikan.
   d. Untuk mendapatkan umpan balik dari masyarakat atas kebijakan yang ditempuh lembaga.
   e. Untuk mendapatkan dukungan riil dari masyarakat terhadap kelangsungan lembaga pendidikan.
   Tujuan hubungan antara sekolah dengan masyarakat dapat diuraikan sebagai berikut:
   Mengembangkan pembinaan pengertian masyarakat tentang semua aspek/ bidang pelaksanaan program pendidikan di sekolah. Pemahaman program yang dilakukan di sekolah sangat penting diketahui masyarakat dengan tujuan agar mereka termotivasi untuk bisa memberikan bantuan yang maksimal terhadap terlaksananya program-program sekolah tersebut.
   1. Menampung harapan-harapan tentang tujuan pendidikan di sekolah. Program hubungan sekolah dengan masyarakat salah satunya diarahkan untuk menampung harapan-harapan masyarakat tentang tujuan sekolah. Tujuan sekolahperlu diketahui dan disepakati bersama oleh piihak sekolah dam masyarakat melalui pertemuan-pertemuan rutin antara sekolah dengan masyarakat. Hal ini perlu karena lulusan sekolah akan kembali ke masyarakat maka tujuan harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
   2. Memperoleh partisipasi, dukungan dan bantuan secara konkrit dari masyarakat baik berupa tenaga, sarana maupun dana demi kelarancaran tercapainya tujuan pendidikan. Semua hubungan masyarakat dengan sekolah jika sudah dilaksanakan secara terus menerus dan berhasil sehingga mereka dapat termotivasi untuk bekerja sama, selanjutnya tujuan hubungan sekolah dengan masyarakat ini dapat diwujudkan.
   3. Menumbuhkan dan membangkitkan rasa tanggung jawab yang lebih besar pada masyarakat terhadap kelangsungan program pendidikan di sekolah secara tepat dan hemat.
   4. Mengikut sertakan masyarakat dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi sekolah. Masalah yang dipecahkan menyangkut siswa, guru, perlengkapan, keuangan dan perumusan tujuan sekolah.

C.  Kegiatan Humas pada pendidikan Islam

    Humas telah diformulasikan dengan cara yang berbeda-beda bergantung pada lembaga atau organisasi yang membuat formulasi itu. Secara umum dapat dibedakan atas kegiatan humas eksternal dan kegiatan humas internal. Dan dari hal itu kegiatan humas dapat kita lihat sebagai berikut :
   a. Kegiatan eksternal
      1. Mengabdi selaku lembaga masyarakat
      2.Melestarikan dan memindahkan nilai-nilai kultural kepada generasi penerus bangsa.
      3. Mengembangkan anak-anak, para remaja tentang penghargaan akan tata tertib sosialnya
      4. Menjamin kemajuan sosial sejauh suatu lembaga sosisal bisa menjamin kemajuan.
   b. Kegiatan humas internal
      1. Mengembangkan kepada masyarakat tentang maksud-maksud dan sasaran dari sekolah.
      2. Memberikan penilaian progam pada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sekolah
      3. Menjalin hubungan harmonis antara orang tua siswa dengan guru
      4. Menginformasikan kepada masyarakat tentang rencana progam dan kegiatan sekolah.

Tidak ada komentar:

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.