TAWON ARSITEK ALAMI

    Bicara tentang tawon pasti dibenak kita tawon hanyalah seekor hewan yang tidak mampu menghasilkan madu untuk kita manfaatkan madu tersebut, dan hanya seekor heawn pengganggu di sekitar rumah kita. Dalam kehidupan sehari-haripun seringkali kita juga bingung dalam membedakan anatara lebah dan tawon. Sebab tawon secara morfologi hampir mirip dengan serangga yang namanya terdapat dalam Al-Qur’an yakni An-Nahl. Secara keduanya masih mempunyai kekereabatan yaitu satu ordo (Hymenopetra)

    Tawon merupakan salah satu dari sekian serangga mungil dengan garis hitam dan berwarna kuning, tenunya warna tersebut tidaklah diciptakan Allah SWT dengan sia-sia atau tanpa manfaat. Melainkan terdapat kemanfaatan bagi makhluknya terutama manusia, warna kuning cerah pada tawon mengindikasikan peringatan jika dirinya dapat melidungi diri dengan sangat yaitu dengan antupan (sengatan) dengan tujuan melindungi diri dari para predator ataupun dalam keadaan bahaya, dari koloni tawon semua semula adalah keterunan dari seekor betina (Ratu) dan dalam kehidupannya tawon merupakan makhluk sosial yang hidup berkelompok (bergerombol, berkoloni).
          
     Dalam perkembangan tawon mereka berkembang biak untuk melestarikan spesiasnya agar tidak punah, dan untuk perkembang biak tawon membutuhkan adanya sarang. Sarang tawon terbuat dari sejenis kertas, tawon membuat sarangnya dengan cara hasil menguyah kayu-kayu mati dan mencampurnya dengan air liurnya. Dan dari tersebut dibangunlah sarang mereka yang megah untuk sabagai perlindungan mereka dan untuk menaruh telur-telur sang ratu. Dan jika kita lihat lebih teliti ternyata sarang tawon dari generasi-kegenerasi bentuknya geometris dengan lubang-lubang di dalamnya yang terbuat dari semacam lilin yang penampangnya berbentuk segi enam (heksogen/ dalam istilah matematika) beraturan.

      Lubang-lubang kecil dengan penampang heksogen ini tersusun begitu rapi dan sempurna untuk mencegah kotoran tidak masuk walaupun persegi/segitiga dengan tersusun sama baiknya, tetapi bentuk heksogen memberikan ruang simpan yang paling luas didalamnya. Dan larva-larva didalam sarangnya tersebut hidup dengan diberi makan-makanan seperti daging serangga-serangga kecil misal ulat, laba-laba dll. Dengan demikian walaupun tawon tak seperti lebah yang menghasilkan madu, tawon dapat membantu membasmi hama serangga. 
Demikian artikel yang saya buat mohon maaf jika data kurang lengkap, tapi cukup memberikan kita wawasan luas walupun hanya sedikit saja. Hehehe    

Tidak ada komentar:

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.