PENGERTIAN ILMU SOSIOLINGUISTIK

      Dalam hal dewasa ini kita mengetahui bahwa manusia adalah makhluk sosial, yang butuh adanya interaksi antara satu dengan yang lainnya, antara kelompok satu dengan lainnya, dan antara masyarakat yang satu dengan masyarakat lainnya. Dengan adanya kebutuhan tersebut manusia memiliki alat untuk saling berinteraksi yaitu “bahasa”. Dan karena itu bahasa adalah alat komunikasi yang hanya dimiliki manusia dan sebagai budaya yang melekat pada masyarakat.
     Belajar bahasa sangat penting dan paling urgen bagi manusia, sebagai dasar mengetahui keadaan lingkup adat istiadat masyarakat.  Maka hal dewasa ini muncul berbagai kajian ilmu untuk membahas tentang mengetahui peranan bahasa bagi masyarakat yakni muncul kajian ilmu sosiolinguistik guna untuk memahami antara hubungan bahasa dan masyarakat. Istilah sosiolinguistik ini muncul pada tahun 1952 dalam karya Haver C. Currie yang merupakan gabugan dari kata sosiologi dan linguistik. Sosiologi artinya masyarakat dan linguistik artinya bahasa. Mengenai “bahasa” itu sendiri dapat dikaji Dalam hal ini pengkajiannya menggunakan teori dan prosedur linguistik serta menggunakan teori dan prosedur disiplin ilmu lainnya antara lain, ilmu sosiologi, psikologi, dan antropologi.
      Akan tetapai pada kali ini pemakalah akan mengambil pembahasan mengenai ilmu linguistik (bahasa) dan sosiologi (masyarakat) yang disebut sosiolinguistik. Dan akan pemakalah uraikan pada pembahasan di bawah ini. 

                                                               Definisi Sosiolinguistik

    Ilmu Sosiolinguistik adalah cabang dari cabang-cabang ilmu bahasa. Dan  aspek pengaplikasinannya mencakup pada bahasa-bahasa yang ada di masyarakat. Sosiolingutik mengkaji bahasa masyarakat terhadap pengaruh budaya anatara kelompok (masyarakat) satu dengan yang lainnya. Ilmu sosiolinguistik belum dikenal oleh dunia pada sebelum abad ke-50, dan dunia mulai mengenal disiplin ilmu ini pada sekitar abad 1960-1970an. 
        Walaupun demikian bukan berarti ilmu sosiolinguistik ini ilmu yang pantas diremehkan. Karena, dalam kajian dan aspek ilmu ini mencakup luas antara tentang hakikat bahasa dan hakikat masyarakat. Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa sosiolinguistik merupakan antardisiplin antara sosiologi dan bahasa, dua bidang ilmu yang mempunyai kaitan sangat erat. Sosiologi adalah kajian objektif dan illmiah mengenai manusia di dalam masyarakat, dan mengenai lembaga-lembaga, dan proses sosial yang ada di dalam masyarakat. Sedangkan linguistik adalah bidang ilmu yang mempelajari bahasa, atau bidang ilmu yang mengambil bahasa sebagai onjek kajiannya. Dengan demikian, sosiolinguistik adalah bidang ilmu antardisiplin yang mempelajari bahasa dalam kaitannya dengan penggunaan bahasa itu di dalam masyarakat.
    Sebagai objek dalam sosisolinguistik, bahasa tidk dilihat atau didekati sebagai bahasa,  sebagaimana dilakukan oleh linguistik umum. Melainkan dilihat atau didekati sebagai sarana interaksi atau komunikasi di dalam masyarakat manusia. Oleh karena itu, bagaimanapun rmusan mengenai sosiolinguistik yang diberikan para pakar tidak akan terlepas dari penggunaan bahasa dengan kegiatan-kegiatan atau aspek-aspek kemasyarakatan. Berbagai para ahli pakar sosiologi berpendapat bahwa:
  • Sociolinguistyiek is de studie van taal en taalgebruik in de kontext van maatschapij en kultuur (=sosiolinguistik adalah kajian mengenia bahasa dan pemakainnya dalam konteks sosial dan kebbudayaan.) (Rene Appel, Gerad Hubert, Greus Meijer 1976:10)
  • Sociolinguistiek is subdisiplin van de taalkunde, die bestudert welke social factoren een rol spelen in het taalgebruik er welke taal spelt in het social verkeer (=sosiolinguistik adalah subdisiplin ilmu bahasa yang mempelajari faktor-faktor sosial yang berperan dalam penggunaan bahasa dan pergaulan sosial.) (G,E. Booij, J.G. Kersten, dan H.J. Verkuyl 1975:139). 
  • Sosiolinguistik adalah ilmu yang membahas interaksi antara aspek perilaku manusia, penggunaan bahasa, dan meninjau pada masalah perilaku masyarakat dan perilaku bahasa masyarakat. (Sayyid Ibrahim Shobri)
  • Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari masalah dialek dari segi geografis, dialek masyarakat, dualisme bahasa, dan damapak timbal balik antara bahasa dan masyarakat. (Muhammad Ali Al-Khawali). 

Tidak ada komentar:

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.